Kegiatan Destinasi Layanan Kewarganegaraan, Maurits Teken MoU Bersama Kakanwil Hukum Dan Ham Sulut

    Kegiatan Destinasi Layanan Kewarganegaraan, Maurits Teken MoU Bersama Kakanwil Hukum Dan Ham Sulut
    Wali kota Bersama Kakanwil Hukum dan Ham Tandatangani MoU

    BITUNG   - Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, hadiri kegiatan Desiminasi Layanan Kewarganegaraan serta  melakukan penandatanganan MOU bersama Kepala Kantor wilayah Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Utara, Haris Sukamto, AKS, SH, MH. Kamis, (09/06/2022).

    Kegiatan yang dilaksanakn di Fave Hotel Bitung, turut dihadiri Kalapas Kelas II B Bitung, Syukron Hamdani, AMDIP., Sag., MM, Kadiv Pelayanan Hukum dan Ham Kanwil Kemenkumham Sulut, Rudy Hendra Pakpahan, SH., M.Hum bersama jajaran, Kabag Hukum, Kabag kerjasama, Kabag Pemerintahan, Kabag Perekonomian kota Bitung, Perwakilan kantor Imigrasi Kelas II  TPI Bitung, serta  para Camat.

    Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, bahwa pemerintah kota Bitung tahu Kantor wilayah Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Utara sudah sering membuat kegiatan di Kota Bitung, Sehingga segala aspek dalam rangka tujuan desiminasi ini jelas Wali kota, paling tidak gambarannya makin jelas karena tujuannya agar informasi yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga negara.  

    Walikota menyampaikan, sehubungan dengan diperkenalkan soal hak Kekayaan Intelektual pemerintah Kota Bitung sudah melakukan uji coba untuk hak siaran seperti ruang sepakat (pertemuan dengan masyarakat secara online) yang dilaksanakan setiap bulan pada tanggal 3, hak siarnya sudah ada.

    " Beberapa Provinsi serta Kabupaten/Kota juga mulai melakukan hal yang sama, namun kota Bitung yang memiliki hak siar atas penyelenggaraan jenis siaran tersebut. Saat ini Pemerintah Kota sementara mempelajari tentang pembayaran royalti kepada Pemerintah Kota Bitung atas penggunaan hak siar tersebut, " jelas Walikota

    Mantiri juga mengatakan, untuk UMKM  Kota Bitung, Pemerintah terus menggenjot baik dalam kepengurusan administrasinya menyangkut HKI, ataupun soal pembiayaan. Dan saat ini ada 14 produk lokal yang sudah tembus pasar internasional seperti di Amerika.  

     "Pemeritah kota Bitung juga sedang mendata kondisi real penduduk kota Bitung lewat data digital yang berkolaborasi dengan dukcapil, serta aktivitas perbankan dan lain-lain, " ungkapnya.

    Maurits menambahkan, Lewat pendataan yang terkoneksi dan terinteraksi seperti ini, Pemerintah kota Bitung dapat mengambil keputusan yang lebih tepat, dalam rangka untuk hal-hal yang lebih bermanfaat bagi masyarakat kota bitung.

    "Atas nama Pemerintah Kota Bitung, kami berterima kasih kepada Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Utara yang membantu kami baik dari aspek Administrasi Kependudukan HKI, kemudian aspek peningkatan status dari UMKM sendiri agar HKI mereka tidak mudah diambil oleh mereka yang hanya mengambil jalan pintas, " Pungkasnya.  (AH)

    BITUNG
    Abdul Halik Harun

    Abdul Halik Harun

    Artikel Sebelumnya

    Bintek, Maurits Teken MoU  Komitmen Smart...

    Artikel Berikutnya

    MM-HH Buka Sosialisasi Penguatan Kapasitas...

    Komentar

    Berita terkait